Selasa, 24 Maret 2009

Pengertian Komunikasi

Manusia termasuk makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri atau makhluk yang selalu hidup bermasyarakat. Sebagai makhluk sosial, manusia selalu berhubungan antara yang satu dengan yang lain untuk melakukan banyak hal. Misalnya, malakukan hubungan kerja sama, belajar, berjualan, menengok, melayat, olahraga, dan sebagainya. Setiap melaksanakan aktivitas ini manusia tentu berkomunikasi. Jadi, setiap manusia senantiasa melakukan komunikasi dalam setiap aktivitas sehari-hari.

Apakah yang dimaksud dengan komunikasi? Istilah komunikasi ini berasal dari bahasa latin, communicatio yaitu sama makna. Maksudnya komunikasi terjadi jika antara orang-orang yang terlibat ada kesamaan makna mengenai sesuati yang disampaikan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, terbitan Balai Pustaka, 2002, komunikasi adalah:
1. Pengiriman dan penerimaan pesan atau berita antara dua orang atau lebih sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami; hubungan; kontak.
2. perhubungan.

Dalam buku yang berjudul Dinamika Komunikasi, karangan Prof. Drs. Onong Uchjana, M.A. diuraikan bahwa komunikasi adalah proses penyampaian suatu pesan oleh seseorang kepada orang lain untuk memberitahu atau untuk mengbah sikap, pendapatan atau perilaku, baik langsung secara lisan, maupun tak langsung melalui media.

William C. Himstreet dan Wayne M. Batty, dalam buku Bussines Communication Principles and Methods, dijelaskan bahwa komunikasi adalah suatu proses pertukaran informasi antara individu-individu melalui suatu sistem biasa, baik dengan simbol-simbol, sinyal-sinyal, maupun perilaku atau tindakan.

Setiap orang dalam menjalankan kegiatan sehari-harinya tentu menggunakan komunikasi. Misal, seseorang yang membeli barang akan melakukan proses komunikasi. Pembeli menyampaikan pesan atau keinginan kepada penjual. Penjual memahami maksud atau keinginan pembeli, sehingga terjadi transaksi jual beli. Dalam hal seperti ini telah terjadi proses komunikasi.

Penjual sebagai orang yang meyampaikan pesan atau informasi dan pembeli sebagi orang yang menerima pesan. Jadi, komunikasi hanya dapat terjadi bila ada orang yang menyampaikan pesan atau komunikator dan yang menerima pesan atau komunikasi, serta adanya isi pesan yang hendak disampaikan.

Komunikasi memegang peranan yang sangat penting dalam keberhasilan pejual atau bisnis. Seorang penjual yang tidak dapat mengkomunikasikan barang jualannya atau jasanya, tidak akan dapat menarik calon pembeli. Seseorang penjual harus mampu meragkai kalimat yang efektif (singkat, jelas, dan dapat dipahami), maupun mengubah situasi menjadi lebih menarik dan akrab, dapat menyelipkan humor yang segar dan sesuai situasi, serta menghidupkan suasana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Live Traffic Feed





Sponsor

PulsaSuper.Com PulsaSuper.Com PulsaSuper.Com