Rabu, 18 Februari 2009

Bekerja di Perusahaan Idaman

Dapat bekerja sesuai dengan keahlian, apalagi di tempat kerja yang menjadi idaman, tentu merupakan harapan semua orang. Lalu, apa yang harus kita lakukan jika perusahaan yang kita idamkan memasang iklan lowongan pekerjaan di media massa? Tentu kita tak perlu berfikir dua kali, segera buat surat lamaran sebagus mungkin dan segera dikirimkan.

Tetapi apa yang akan Anda lakukan jika perusahaan tersebut tidak memasang iklan lowongan? Padahal, hati Anda sudah demikian menggebu untuk dapat bekerja di persuahaan itu. Entah karena bidang kerja yang sesuai dengan ilmu yang dimiliki, lokasi kantor yang dekat dengan tempat tinggalm atau karena gaji dan tunjangan yang diberikan perusahaan tersebut.

Berikut ini ada beberapa tips yang dapat Anda pertimbangkan jika perusahaan yang Anda idamkan beum juga memasang iklan lowongan perkerjaan.
a. Carilah informasi sebanyak mungkin tentang perusahaan itu, mulai dari visi dan misi, hingga etos kerjanya. Anda bisa bertanya pada rekan-rakn atau mencarinya di internet. Setelah itu, pelajarilah dengan seksama, apakah informasi itu sesuai dengan apa yang ada dalam bayangan Anda selama ini.
b. Pengenalan pada diri sendiri juga sangat perlu sebagai modal awal sebelum masuk ke suatu perusahaan. Kenalilah seluruh potensi dalam diri Anda, juga sifat-sifat Anda yang baik maupun yang buruk. Agar lebih objektif, tanyakan pada sahabat dan orang-orang terdekat Anda mengenai pribadi Anda tersebut.
c. Cobalah mencari kenalan dalam perusahaan itu. Sedapat mungkin, carilah yang mampu mempertemukan Anda dengan orang dari divisi yang diinginkan atau dengan bagian Sumber Daya Manusia (SDM). Jika memungkingkan, atur pertemuan dengan orang tersebut. Jangan tanyakan soal peluang kerja, lebih baik lakukan crosscheck informasi tentang perusahaan.
d. Persiapkan aplikasi lamaran anda sebaik dan semenarik mungkin. Kemukakan maksud Anda dengan elegan tanpa harus merendahkan diri sendiri.

Cara lain yang dapat Anda lakukan, bukalah website perusahaan yang Anda inginkan. Kadangkala, pada website tersebut tersedia formulir pengisian lamaran kerja. Umumnya, formulir iti yang digunakan oleh perusahaan ketika sedang membutuhkan karyawan baru. jika Anda mengirim lewat pos, tanyakan pada orang yang bersangkutan, apakah ia sudah menerima aplikasi lamaran perkerjaan dari kita.

Jika semua langkah di atas sudah Anda lakukan, Anda harus bersabar dan jangan terpaku pada satu perusahaan saja. Sebab, kesempatan bisa datang dari mana saja.

Sumber : Buku “Sukses Mendapatkan Pekerjaan”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Live Traffic Feed





Sponsor

PulsaSuper.Com PulsaSuper.Com PulsaSuper.Com