Sabtu, 31 Januari 2009

Definisi Manajemen

Sering banget deh dengar kata manajemen. Soalnya sekolahku aja ada kata manajemennya. Yaitu, Sekolah Mengah Kejuruan Negeri 1 Kandangan, kelompok Bisnis dan Manajemen. Dan sekarang, rencananya aku ingin Kuliah (kalonya diterima dan lulus UN, hehehe) di Fakultas Ekonomi “Unlam” Jurusan Manajemen, lagi-lagi manajemen. Sebenarnya apa sih manajemen itu?

Hmm… setelah aku buka google lewat browser handphone aku, lalu aku ketik keyword “Manajemen” tiba-tiba muncul link-link terkait dengan keyword yang baru aku masukkan tadi. Aku klik salah satunya, yaitu wikipedia indonesia. Akhirnya pertanyaanku terjawab juga.

Ternyata kata manajemen berasal dari bahasa Perancis Konu, “Management” yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur. Manajemen belum memiliki definisi yang mapan dan universal. Mary Patker Follet, misalnya, mendefinisikan manajemen sebagai seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Definisi ini berarti bahwa seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi. Ricky W. Griffin mendefinisikan manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian dan pengotrolan sumber daya untuk mencapai sasaran (goals) secara efektif dan efisien. Efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan, sementara efisien berarti tugas yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisasi, dan sesuai dengan jadwal.

1 komentar:

Live Traffic Feed





Sponsor

PulsaSuper.Com PulsaSuper.Com PulsaSuper.Com